Morinaga Platinum
Posted By way Posted On

Bagaimana Cara Mengatasi Picky Eater?

Setiap ibu pasti sangat antusias ketika tahu bayi mereka sudah menginjak usia 1 tahun ke atas. Masa-masa ini merupakan momen yang paling seru karena bayi atau balita sedang berada dalam masa transisi,terutama soal makanan. Makanya ini adalah saat yang tepat untuk mengenalkan berbagai tekstur dan rasa makanan. Selain itu, sangat perlu bila Anda juga mendampinginya dengan susu Morinaga Platinum.

Meski demikian, ada masa-masa Anda merasa frustasi ketika balita Anda jadi picky eater. Padahal, makanan yang Anda berikan sangat bergizi dan penting untuk pertumbuhannya. Nah, yuk simak kiat-kiatnya.

Pahami Dulu Apa Yang Sedang Terjadi

Kebanyakan balita tidak bisa mengungkapkan apa yang mereka rasakan karena pada tahap ini proses tumbuh kembang mereka masih berlangsung. Makanya, terkadang ketika balita tidak suka dengan sebuah makanan, ia akan langsung menolaknya tanpa membuat Anda mengerti kenapa.

Banyak sekali balita yang enggan dengan makanan dengan rasa yang kuat. Nah, pada saat ini perlu Anda perhatikan kalau anak kecil umumnya lebih suka dengan makanan yang memiliki rasa yang lebih ramah atau memahami masalahnya.

Umumnya tidak semua balita jadi picky eater karena tidak suka. Bisa jadi hal ini dipicu oleh beberapa trauma seperti tersedak atau makanan yang dikonsumsi menyakitinya. Bila ini terjadi, Anda harus memperhatikannya dengan saksama seperti apakah makanan yang diberikan sudah dilumatkan, apakah makanannya memicu batuk, apakah makanan tersebut basi dan seterusnya.

Apa Yang Harus Dilakukan Bila Cara Di Atas Tidak Berhasil?

Perlu Anda ketahui, mengenalkan makanan pada anak harus ekstra sabar. Anda tidak boleh serta-merta mengenalkan rasa dan tekstur secara dramatis. Kenalkan dulu sedikit demi sedikit tapi secara kontinyu agar si kecil merasa terbiasa. Biarkan balita Anda mulai membiasakan diri dengan makanan yang memiliki rasa yang lebih kompleks.

Misalnya untuk balita Anda yang sudah berusia 3 tahun. Ia sudah bisa belajar makan pasta. Nah, Anda mungkin bisa mencoba menambahkan olive oil sedikit untuk mengenalkan rasanya. Ketika sudah diterima, tambahkan keju parmesan.

Balita Sering Tersedak Ketika Dikenalkan Makanan Baru

Picky eater tidak hanya menolaknya dengan menggelengkan kepala. Beberapa balita bisa juga menunjukkannya dengan kejadian tersedak. Umumnya hal ini kerap ditunjukkan balita atau anak yang dikenalkan dengan rasa baru.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengakalinya dengan beberapa strategi seperti membuatnya terbiasa dengan makanan baru setiap hari. Jadi usahakan buat variasi makanan setiap hari supaya ia terbiasa dengan perubahan rasa. Selain itu, jangan langsung diberikan porsi besar, buatlah porsinya sedikit-demi sedikit dulu kemudian ditambah porsinya bila ia sudah terbiasa. Anda mungkin tidak percaya bahwa sebenarnya anak-anak baru terbiasa dengan makanan baru ketika ia sudah mencobanya sekitar 10-15 kali. Jadi, dalam hal ini konsistensi adalah kuncinya. Yang terakhir adalah dengan mengevaluasi apa yang sering dimakan belakangan. Terlalu banyak memberikan camilan dan minuman bisa membuatnya kenyang dan enggan makan.

Dampingi Balita Dengan Susu Morinaga Platinum

Dengan kondisi balita yang sering picky terhadap makanan, tentu sebagai ibu Anda merasa khawatir karena kebutuhan nutrisinya harus dicukupi. Morinaga Platinum merupakan susu pendamping yang tepat untuk menemani tumbuh kembang buah hati terutama bila ia seorang picky eater.

Pastikan Anda terus mengenalkan berbagai macam variasi makanan secara pelan-pelan agar ia terbiasa. Kedepannya, kebutuhan nutrisi utamanya diharapkan bisa lebih optimal. Semoga tips di atas membantu.

Meta desc:

Semua orangtua pasti frustasi ketika balita kesayangan mereka pilih-pilih makanan. Pastikan Anda mendampinginya dengan Susu Morinaga Platinum dan pastikan ikuti tips berikut.

Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *