Makna Yang Terkandung Dalam Surat Al Alaq

surat Al Alaq

Momen turunnya Alquran merupakan momen yang paling bersejarah bagi umat muslim, karena pada momen itu wahyu Allah diturunkan melalui malaikat Jibril yang diberikan kepada nabi Muhammad. Pada momen pertama turunya alquran ini ditandai dengan diturunkannya surat pertama dalam Alquran yakni surat Al Alaq.

Surat Al Alaq sendiri didalam Alquran merupakan surat yang berada di urutan ke 96 dari total 114 surat yang ada di Alquran. Meski begitu surat Al Alaq ayat 1 – 5 ini tetap merupakan ayat – ayat pertama yang diturunkan oleh Allah di Kota Mekkah saat Nabi Muhammad SAW sedang bertafakur di Gua Hira dan akhirnya diturunkanlah surat Al Alaq ini.

Al Alaq sendiri memiliki arti “Segumpal Darah” yang berisikan tentang ap aitu alam semesta dan siapa yang layak disebut Tuhan yang sebenarnya. Dalam surat ini tergambar jelas bagaimana Allah SWT menciptapkan manusia yang hanya dari segumpal darah dan dengan segala kuasa dan izin Allah maka terciptalah manusia.

Didalam surat ini sudah tergambar jelas bahwa Alla menciptakan manusia dari benda yang hina, namun kemudian Allah memuliakannya dengan diberikannya sejumlah pengetahuan agar manusia bisa berkembang. Tetapi denga segala kesombonganna manusia lupa bahkan sampai lupa bahwa Allah lah satu – satunya yang telah memberikannya kehidupan dan juga kecukupan di dunia.

Seperti saat pertama kali surat Al Alaq ini diturunkan yang menceritakan bagaimana Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama dari malaikat Jibril ini. Malaikat Jibril berkata “Bacalah !” sedangkan pada saat itu nabi Muhammad mengatakn bahwa “Aku tidak bisa membaca” namun Jibril tetap bersikeras menyuruh Muhammad untuk membaca, sampai akhirnya setelah 3 kali diperintahkan membaca namun nabi Muhammad tetap tidak bisa.

Malaikat Jibril pun berkata “Bacalah Dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan manusia dari segumpal darah” Jibril pun meneruskan membacakan ayat surat Al Alaq 1 – 5 kepada nabi Muhammad, sampai akhirnya nabi Muhammad menyadari bahwa ayat tersebut menjelaskan tentang penciptaa makhluk hidup di dunia oleh Allah SWT.

Dari ayar itu pula Muhammad mengetahui bahwa Allah SWT telah menciptakna manusia dengan segala kemuliannya di mata Allah, dan Allah pun telah mempersiapkan dan mengatur segala larangan dan juga perintah yang telah Allah tetapkan melalui kitab – kitab yang Allah turunkan dan juga para rasul Allah.

Dalam ayat 1 – 5 surat Al Alaq ini juga menjelaskan bahwa Allah dengan segala sifat baiknya telah memberikan kemurahan berupa ilmu yang bisa dibaca dan dijadikan acuan oleh seluruh umat manusia kelak. Dengan segala kebaikannya Allah menciptakan manusia dengan sebaik – baiknya bentuk agar kelak ia bisa belajar.

Bahkan Allah telah mempersiapkan segala kebutuhan manusia jauh sebelum manusia itu dilahirkan. Allah memberikan wujud kepada manusia berupa pendengaran, penglihatan, dan juga hati Nurani sebab itu akan memudahkan manusia untuk menerima ilmu – ilmu yang telah Allah turunkan di dalam Alquran.

Allah memberikan wahyu kepada nabi Muhammad berupa bacaan yang kelak bisa dilihat dan terus dibaca oleh umatnya sampai kapanpun selama umatnya masih menjaga dan tetap menjunjung tinggi Alquran. Sebagai manusia selayaknya kita mensuykuri hal tersebut karena Allah sudah begitu baik pada hambanya.

Allah tidak semata – mata menciptakan manusia tanpa memberikan ilmu dan juga bekal untuk dijadikan modal hidupnya selama di dunia dan juga bekal di akhiratnya kelak.

Tinggalkan Balasan