10+ Cara Merawat Motor Matic, Biar Bisa Dipakai Riding!

cara merawat motor matic

Adakah pembaca disini yang suka riding? Atau mau riding tapi terkendala motor? Riding bukan hanya bisa kamu lakukan dengan motor gede loh. Motor matic yang kamu punya pun bisa kamu pakai untuk riding. Hanya saja memang sebelum riding kamu harus memastikan kondisi motor dalam keadaan prima. Cara merawat motor matic yang akan kamu gunakan untuk riding juga tidak susah, kamu hanya butuh melakukannya secara rutin dan memeriksakan kendaraan sebelum kamu berangkat riding.

Motor matic merupakan jenis motor yang mudah dikendarai. Dan para laki-laki dan wanita sudah pasti suka saat mengendarai motor ini. Kamu sebagai pemakai motor matic, ingat yaa kamu tidak bisa hanya menggunakannya saja. Kamu harus paham bagaimana cara merawat motor matic tersebut sebelum kamu bawa riding. Dan jangan lupa sebelum riding kamu harus tau juga perlengkapan motor riding apa saja yang harus kamu persiapkan.

Cara-Cara Merawat Motor Matic Untuk Riding

Riding merupakan sebuah acara yang memang diadakan untuk mempererat kebersamaan sebuah komunitas. Juga bisa kamu lakukan untuk sekedar healing dan melepas penat karena kesibukan sehari-yang kamu lakukan. Nah simak cara merawat motor matic kalian agar lebih siap ketika riding :

  • Mengecek Belt CVT

Pengecekan rutin belt CVT atau Continous Variable Transmission merupakan hal yang wajib kamu lakukan setiap kali datang ke bengkel motor.

Saat pengecekan usahakan kamu memperhatikan pemakaiannya dan berapa standar ketebalan yang dianjurkan. Kamu bisa menggunakan buku service yang kamu punya sebagai acuan secara manual.

Setiap kendaraan punya acuan pemakaian dan ketebalan yang berbeda-beda. Tapi secara umum saat kamu sudah mencapai jarak 20.000-25.000 km, kamu sudah harus melakukan perubahan belt CVT. Jika kamu paksakan untuk tetap menggunakannya maka besar kemungkinan akan beresiko saat kamu gunakan untuk riding.

  • Melihat Kondisi Ban

Berikutnya kamu juga wajib memperhatikan kondisi ban kamu, jangan sekali-kali menggunakan motor matic untuk riding jika bannya sudah gundul. Karena pastinya akan membahayakan kesehatan kamu saat perjalanan jauh.

Ban gundul bisa menjadi penyebab utama kamu tergelincir dana dan lepas kendali karena peristiwa pecah ban. Oleh karena itu ada baiknya kamu ganti ban motor tersebut dengan ban motor standar yang baru.

  • Memeriksakan Rem Motor

Rem juga merupakan bagian motor yang terpenting, Dengan rem kamu bisa mengendalikan motor dengan nyaman ketika riding. Maka kamu perlu periksa minyak rem, ketebalan kampas rem, dan berbagai komponen lain yang menunjang motor matic tersebut.

Jangan menunggu motor terasa aneh baru kamu periksakan komponen remnya. Ada baiknya setiap kali service atau mau berangkat riding lakukan pengecekan rem terlebih dahulu. Jika tidak tentu akan membahayakan kamu saat riding, apalagi jika riding yang kamu lakukaan saat musim hujan tentu akan bahaya sekali bukan?

  • Kondisi Lampu Motor

Selanjutnya pastikan juga kondisi lammpu motor kamu dalam keadaan stabil. Mulai dari lampu bagian depan kamu, lampu belakang, dan juga lampu sein kamuy aa. Karena dengan lampu kamu bisa riding dengan nyaman dan penerangan tidak terganggu.

Jika kondisi lampu kamu dalam keadaan tidak prima selain mengganggu pandanganmu, juga bisa mengganggu pandangan pengendara lain saat di jalan. Pengecekan lampu secara rutin juga bisa membantu kamu terhindar dari kecelakaan motor ketika riding.

  • Gunakan Perlengkapan Berkendara yang Lengkap

Cara merawat motor matic juga sebenarnya tidak bisa terlepas dari perlengkapan berkendara yang kamu gunakan. Karena jika kondisi motor sudah kamu pastikan oke, maka selanjutnya adalah perlengkapan motor riding. Meliputi helm standar, jaket riding, sarung tangan, sepatu, pelindung kaki dan siku, dan lain sebagainya.

Jangan lupa juga usahakan untuk membawa baju ganti, obat-obatan, jas hujan, sedikit bekal, uang saku, masker, dan air minum.

  • Perawatan Harian Motor

Jika memang kamu suka riding maka perawatan motor harian kamu juga tidak boleh kelewatan. Diantaranya kamu harus rajin memanaskan mesin motor saat pagi hari, bensin jangan sampai habis, jadwal ganti oli terpenuhi, pengecekan kondisi Accu, pengecekan fan belt dan roller. Selain itu jika berkendara pastikan gas stabil untuk menjaga umur mesin dan gunakan bensin yang berkualitas.

Demikian beberapa cara merawat motor matic yang efektif dan bisa membuat umur mesin lebih bertahan lama. Dan ingat jika kamu pergi riding pastikan semua hal di atas sudah kamuy aa, karena semua hal tersebut untuk safety kamu selama berkendara.

 

Tinggalkan Balasan